Apa Itu 4G dan LTE? ini Dia Penjelasan dan Perbedaannya

Apa Itu 4G dan LTE? ini Dia Penjelasan dan Perbedaannya - sudah banyak iklan yang menggunakan jargon 4G dan LTE. Yang perlu kamu tau 4G dan LTE itu berbeda, Kita bakal menjelaskan perbedaan antara 4G dan LTE sehingga kamu bisa memahami dan memilih smartphone dan tarif terbaik untuk kamu.

makin hari makin banyak produsen smartphone yang mengeluarkan tipe terbarunya, ini membuat banyak yang harus diputuskan sebelum mendapatkan smartphone baru. Seiring memikirkan memutuskan handset terbaik, kamu juga harus memikirkan tarif yang pas.

Apa Itu 4G dan LTE


Mungkin kamu sudah sering mendengar ataupun melihat iklan dengan kata-kata 4G, 4G dan LTE adalah jaringan keempat teknologi telpon seluler, 4G adalah jaringan teknologi generasi keempat tetapi apa sih sebenarnya 4G? Apakah sama dengan LTE? bisa dibilang tidak, tetapi beberapa produsen smartphone dan operator seluler suka menggunakannya secara bergantian.

Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan semua yang perlu kamu ketahui tentang 4G dan LTE.

Baca juga:

Apa itu 4G?

4G adalah kepanjangan dari fourth-generation technology. Istilah tersebut mengacu terhadap standar generasi keempat dari teknologi telepon seluler. Bisa dibilang 4G itu kakaknya dari teknologi sebelumnya, yaitu 3G dan 2G. Sistem 4G mampu menyediakan jaringan pita lebar ultra yang dapat digunakan untuk berbagai perlengkapan elektronik, seperti smartphone dan PC.

Sistem 4G menyediakan berbagai solusi IP yang komprehensif dimana data, suara, dan arus multimedia dapat sampai kepada pengguna kapan saja serta dimana saja. Terdapat berbagai pendapat mengenai 4G, yakni: 4G merupakan sistem berbasis IP terintegrasi penuh.

Hal ini akan dicapai setelah teknologi kabel serta nirkabel sudah dapat dikonversikan dan mampu untuk menghasilkan kecepatan yang luar biasa seperti 100Mb/detik dan 1Gb/detik baik dalam maupun luar ruang dengan keamanan tinggi.

Setiap Gadget 4G mempunyai nomor IP v6 yang sudah dilengkapi dengan kemampuan berinteraksi internet telephony dengan berbasis Session Initiation Protocol (SIP).

International Telecommunication Union-Radio (ITU-R) yang mana adalah lembaga resmi PBB untuk segala macam teknologi informasi dan komunikasi, pada Maret 2008 telah memutuskan spesifikasi untuk standar 4G. .

lembaga tersebut memutuskan bahwa kecepatan puncak download untuk 4G harus 100Mbit/s untuk perangkat mobilitas tinggi ketika kamu sedang menggunakan ponsel di dalam mobil, di kereta api, ataupun didalam lift. Ketika diluar itu (rendah mobilitas akses nirkabel lokal) 4G harus mampu memberikan kecepatan puncak sekitar 1Gbit/s.

Jika 4G benar seharusnya menawarkan kita kecepatan download hingga 1Gbit/s, nyatanya kenapa kita masih belum mendapatkan kecepatan tersebut?

Apa itu LTE? (Long Term Evolution)

Meskipun awalnya dipasarkan sebagai teknologi 4G, LTE (Long Term Evolution) tidak memenuhi persyaratan teknis lembaga ITU-R, yang berarti bahwa banyak tarif awal dijual sebagai 4G yang tidak benar-benar 4G.

Namun karena tekanan pemasaran dan kemajuan yang signifikan diputuskan bahwa LTE bisa disebut teknologi 4G. Jadi, LTE adalah generasi pertama teknologi 4G yang secara teoritis harus mencapai kecepatan sekitar 100 Mbit/s keatas.

3GPP Long Term Evolution atau LTE merupakan sebuah standar komunikasi akses data nirkabel tingkat tinggi dengan berbasis jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSPA. Jaringan antarmuka-nya ini tidak cocok dengan jaringan 2G dan 3G, sehingga dioperasikan melalui spektrum nirkabel yang terpisah.

Teknologi LTE mampu download dengan kecepatan sampai dengan 300mbps dan upload 75mbps. LTE merupakan teknologi yang didaulat dapat menggantikan UMTS/HSDPA. LTE diperkirakan menjadi sebuah standarisasi telepon selular secara global yang pertama.


Demikian, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk LIKE & SHARE

Loading...

8 Comments

Silahkan berkomentar sesuai topik.
Komentar yang berbau sara atau kebencian akan otomatis terhapus.