Apakah Hp Android Perlu Antivirus? Berikut Jawaban Pengamat Keamanan Android

Apakah Hp Android Bisa Terkena Virus? - Android telah menjadi sistem operasi smartphone ternama yang sudah menduduki peringkat atas smartphone, dibalik kesuksesannya ada saja oknum-oknum jahat yang menyerang android dengan virus.

Pengguna android sering kali menanyakan, apakah mungkin android bisa terkena virus? kebanyakan pertanyaan ini dilontarkan ketika androidnya lemot atau sering hang, dan selalu menyalahkan kalau androidnya terkena virus. Faktanya android lemot karena disebabkan oleh faktor lain

Sebelumnya dikalangan fandroid sudah banyak yang berdebat tentang keamanan sistem operasi Android ini apakah munkgin bisa terinveksi virus? karena kebanyakan orang yang tahu kalau android itu berbasis linux yang sulit ditembus virus.

Android lebih Rentan Virus dibandingkan iOS?


Produk Apple seperti, macOS, iOS, memang kebal terhadap virus, dikarenakan sistem operasi iOS yang tertutup dibandingkan android. Tapi disini bukan berati 100% kebal, tetap mungkin terkena virus hanya saja jumlahnya sangat sedikit.

Android kan sistem operasi berbasis linux, dan linux kebal virus. Berarti android kebal virus juga dong? Nyatanya beberapa vendor smartphone android masih memiliki beberapa fungsi yg terdapat bug, bug inilah yang menjadi celah untuk di infeksi virus. Walaupun begitu semakin kesini versi android terus diperbaharui sistem keamanannya, dan menutup semua bug. ini juga tidak berarti kalau android 100% kebal terkena virus.

Dari mana Virus menginfeksi Android?

Poin penting yang harus kamu ketahui adalah, Android yang terinfeksi virus berasal dari aplikasi yang yang sudah disusupi virus, biasanya oknum jahat ini menggunakan tehnik dan trik untuk menyusupkan virus di aplikasi.

Jika kamu hanya menginstal aplikasi dari google play store dan hp android kamu jarang digunakan untuk mendownload aplikasi tidak jelas, maka bisa dipastikan hp android kamu aman-aman saja.

Kebanyakan masalah virus di android karena kamu menginstal aplikasi "cracked" ataupun game/app bajakan di luar google playstore.

Beberapa mekanisme sumber virus menginfeksi android, berikut:
apakah android bisa terkena virus
Statistik sumber virus yang menginfeksi android - Kaspersky

Jadi, Apa Perlu Instal Antivirus di Android?

Antivirus Android biasanya hanya menjadi salah satu paket pilihan keamanan,  karena aplikasi antivirus selalu berjalan di background, yang berakibat lumayan mamakan RAM, jadi antivirus tidak terlalu dibutuhukan untuk pengguna android yang memiliki Ram kecil, kebanyakan pengguna yang menginstal antivirus biasanya hanya menggunakan fitur yang disediakan seperti backup to, remote wipe, anti theft, dll.

Avast Antivirus Android
Avast antivirus untuk android memberikan keamanan terbaik


Jan Gahura, Director of Non-Windows products at Avast berkata bahwa ancaman satu satunya untuk android adalah bukan virus melainkan orang lain, diibaratkan orang lain telah mengakses hp android kamu (bisa itu karena hp kamu hilang atau dicuri) itulah mengapa aplikasi antivirus lebih fokus ke fitur anti-theft.

Antivirus apa yang terbaik untuk Android?

Tergantung dari android yang kamu gunakan, walaupun semua antivirus memberkan fitur yang sama, tapi hanya beberapa aplikasi antvirus yang ringan dan ramah untuk pengguna android dengan ram kecil.

Baca juga: Top 5 Antivirus android terbaik paling ampuh dan ringan 2017

Jika android kamu memiliki ram 512mb - 1gb, Panduan droids merekomendasikan Avast antivirus untuk mobile, atau AVG mobile. Selain menyediakan layanan antivirus, avast juga memberikan fitur anti theft. Kamu bisa mendownload Antivirus avast untuk android gratis untuk versi free-nya

Tips Menghindari Virus di Android Tanpa Antivirus

1. Usahakan selalu menginstal aplikasi dari Google play store.


Aplikasi yang berasal dari google playstore sudah melalui scan oleh google, jadi bisa dipastikan aman dari susupan virus, tapi jika kamu memang terpaksa harus menginstal dari luar, Pastikan kamu mendownload file aplikasi (APK) dari sumber yang terpercaya.

Hindari menginstal aplikasi yang berasal dari Popup/popunder iklan si sebuah website, biasanya pop iklan tersebut seperti "android anda terserang virus, instal aplikasi ini" atau "android anda lelet instal aplikasi ini" ketika menemui iklan seperti ini, hiraukan saja.

Dikutip dari engineer keamanan google yaitu Adrian Ludwig:
"Layanan keamanan Google untuk Android dirancang untuk memberikan keamanan terbaik untuk perangkat mobile - secara default dan gratis untuk semua pengguna Android. Akibatnya, data tentang ekosistem Android telah menunjukkan bahwa pengguna Android menghadapi risiko yang sangat rendah dari aplikasi yang berpotensi membahayakan dan Ancaman lain."

2. Jangan mendownload aplikasi/game tiruan di google playstore.


Menurut salah satu firma antivirus terkemuka yaitu Avast, beberapa aplikasi/game tiruan berhasil lolos dari scan google playstore dan mengelabui keamanan playstore, virus ini tidak ditemukan dalam game tetapi didalam gambar yang disediakan game tiruan tersebut

Lebih lengkap silahkan baca: Hati-hati download game tiruan di playstore, beberapa ditemukan virus

3. Hindari aplikasi yang meminta izin identitas 


ketika kamu ingin menginstal aplikasi dari atau luar playstore yang memnta izin identitas, sebaiknya batalkan saja, aplikasi ini berkemungkinan akan mencuri informasi dari android kamu, Seperti yang dijelaskan di postingan kaskus ini

Admin sendiri menyarankan lebih baik menginstal antivirus di android, rekomendasi gunanakan Avast Antivirus karena dinilai dari fitur yang beragam seperti Anti theft dan yang terpenting ringan di gunakan, dan juga Avast antivirus gratis untuk di download...

Loading...

Comments

Silahkan berkomentar sesuai topik.
Komentar yang berbau sara atau kebencian akan otomatis terhapus.