Apa Itu MOBA? Apa Bedanya dengan RPG dan MMORPG, Gamer Wajib Tahu

Apa Itu MOBA? Apa Bedanya dengan RPG dan MMORPG, Gamer Wajib Tahu - Game saat ini tidak hanya bisa dimainkan seorang diri saja (istilah dalam game: single player), banyak game saat ini yang dibuat agar bisa dimainkan bersama teman secara online, salah satunya yaitu genre MOBA.

Mungkin banyak yang tahu salah satu game MOBA yaitu DotA 1, 2, 3...iyap game DotA ini khusus desktop PC...

Istilah MOBA kembali booming lagi ketika game MOBA rilis untuk smartphone yaitu Vainglory dengan 3 vs 3, kemudian muncul Game Mobile Legend dengan 5 vs 5 yang saat ini digandrungi di smartphone, disusul oleh Arena of Valor (AOV)...

Kamu pasti pernah melihat meme MOBA kok analog? kamu jawab aja.. yakali MOBA HP lu pasang keyboard..

tapi sebelumnya, apakah kamu tau apa itu MOBA?

apa itu game moba

Secara singkat MOBA adalah


MOBA adalah Kepanjangan dari Multiplayer Online Battle Arena, Juga dikenal sebagai action real-time strategy (ARTS), yang merupakan game strategi yang berasal dari subgenre  Real-time strategy (RTS).

Baca juga : Hati-hati download game tiruan di playstore, beberapa ditemukan virus

Secara lengkap Moba adalah


Kepanjangan game MOBA : Multiplayer Online Battle Arena adalah game strategi yang berasal dari subgenre Real-time strategy (RTS). Yaitu pemain yang mengkontrol single karakter di dalam satu atau dua tim,

Dengan gameplay yaitu dua tim lawan yang tujuannya menghancurkan basis markas musuh lawan untuk bisa menang, meskipun beberapa moba ini memiliki mode kemenangan yang berbeda.

Setiap tim terdiri dari lima pemain. Biasanya, ada satu struktur utama yang harus dimusnahkan untuk bisa menang (tower markas); Menghancurkan struktur lain (tower/turret) di dalam basis tim lawan juga bisa memberi keuntungan lain.

Struktur defensif ada untuk mencegah hal ini, dan juga unit komputer terkontrol (baca: creep/minion) yang relatif lemah yang secara berkala respawn di setiap basis dan melakukan perjalanan menyusuri jalan yang telah ditentukan menuju basis tim lawan.

Biasanya ada 3 "jalur" yang merupakan cara utama untuk mendapatkan dari satu basis ke basis yang lain; Di antara jalur adalah area yang belum dipetakan disebut "hutan."

Seorang pemain mengendalikan satu unit tokoh karakter kuat yang umumnya disebut 'Hero'. Ketika seorang hero berhasil membunuh hero lawan, ia akan mendapatkan gold dan exp yang memungkinkan sang hero naik level. selain membunuh hero lawan kamu juga bisa membunuh monster hutan dan juga menghancurkan tower agar bisa mendapatkan gold dan exp

Ketika level hero naik, ia memiliki kemampuan untuk memperkuat kemampuan skill nya, yang biasanya ada 3. Ketika seorang hero mati, ia harus menunggu waktu yang ditentukan, sampai ia bangkit di basis tim.

Apa itu Moba
Salah satu Hero di Mobile Legend

Hero biasanya dibagi menjadi beberapa peran, seperti tanking, damage-dealing, mage, archer, warior, assasin atau healing & support. Setiap hero unik, dengan kemampuannya sendiri sehingga tidak sama dengan karakter lain. Tidak ada hero yang pernah (cukup kuat) untuk memenangkan pertandingan tanpa dukungan dari tim mereka. Hal ini sekali lagi menekankan bahwa game moba ini bisa menang hanyang dengan kerja sama tim.

Setiap pemain akan menerima sejumlah emas/gold per detik selama pertandingan berlangsung. Gold juga bisa didapatkan dari membunuh hero lawan, membunuh monster hutan dan menghancurkan  tower, dan jumlah gold yang lebih besar adalah dari membunuh hero musuh.

Emas/gold digunakan oleh para hero untuk membeli berbagai item berbeda yang harganya dan dampaknya beragam. Untuk sebagian besar, ini melibatkan peningkatan kelangsungan hidup hero.

Banyak strategi yang bisa digunakan pemain seperti untuk mendapatkan keuntungan. Strategi ini bisa mencakup membunuh monster hutan lawan, membunuh hero musuh dan farming/bertani emas dengan membunuh monster hutan. Semakin kuat sebuah tim, semakin kuat juga mereka menghancurkan tim musuh dan basis mereka.


Awal Mula Genre Game MOBA


Genre MOBA sebagian besar dimulai dengan Aeon of Strife (AoS), sebuah peta khusus untuk StarCraft di mana empat pemain masing-masing mengendalikan satu unit hero dan dibantu oleh creep/minion.

Defense of the Ancients (DotA), sebuah peta yang didasarkan pada Aeon of Strife for Warcraft III: Reign of Chaos and The Frozen Throne, adalah salah satu judul utama pertama dari genre dan MOBA pertama yang disponsori turnamen.

Kemudian di ikuti oleh League of Legends (LoL) dan Heroes of Newerth (HoN), dan akhirnya sebuah sekuel, Dota 2, serta banyak game lainnya Seperti Vainglory, Mobile legend dan Arena of Valor - AOV


Tipikal Map Game MOBA

apa itu MOBA

Peta tipikal genre game MOBA. Garis kuning adalah "jalur" di mana tindakan difokuskan; Titik biru dan merah adalah "menara / menara" defensif yang membela mereka; Lingkaran seperempat berwarna terang adalah basis tim; Dan sudut biru dan merah adalah struktur yang kehancurannya dapat mengklaim kemenangan.

Apa Bedanya MOBA dengan RPG dan MMORPG


RPG merupakan genre game dengan gameplay yaitu menjalani serangkaian cerita objective, dengan seorang tokoh custom atau tertentu.

sedangkan MMORPG merupakan genre game dengan gameplay sama seperti RPG tapi bermain secara multiplayer online (online beramai-ramai) dengan masing-masing player memerankan peran yang berbeda. Misal,  si A jadi Swordman, lalu si B jadi Archer lalu si C jadi Monk, dan seterusnya....

Nah... Kalau MOBA itu bisa dibilang Gabungan dari RPG dan MMORPG, hanya saja gameplaynya tidak untuk menyelesaikan suatu cerita objective, melainkan Battle Arena, yaitu arena tempur untuk melawan 1 atau lebih tim secara online.

Demikian artikel tentang apa itu Game MOBA... Semoga bermanfaat..

Refrensi : https://www.wikipedia.org/
Loading...

7 Comments

Silahkan berkomentar sesuai topik.
Komentar yang berbau sara atau kebencian akan otomatis terhapus.